Pilih Laman
Peraturan IPLC

Peraturan IPLC

 

Apa Saja Peraturan IPLC

 

Peraturan IPLC yang Indonesia terapkan mungkin berbeda dengan negara lainnya meski demikian peraturan yang pemerintah terapkan bertujuan baik untuk negara. Peraturan mengenai perizinan limbah cair membantu pemerintah menjaga lingkungan hidup terutama yang bersentuhan langsung dengan sumber mata air.

 

Jenis-jenis Peraturan IPLC

 

  • Peraturan Pemerintah

 

Salah satu peraturan yang mengatur IPLC adalah peraturan pemerintah mengenai pengelolaan kuantitas air sekaligus pengendalian pencemaran.  Peraturan yang pemerintah buat ini bertujuan agar masyarakat terutama perusahaan yang menghasilkan air limbah melakukan tugasnya dengan baik.

 

Sehingga, lingkungan terutama sumber mata air tidak mengalami pencemaran selama pembuangan limbah cair. Pihak yang tidak taat hukum dan peraturan akan memperoleh sanksi yang sangat tegas dari pemerintah.

 

  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup

 

Selanjutnya adalah dasar hukum dan peraturan IPLC yang Menteri Lingkungan Hidup terbitkan.  Menteri mengeluarkan dua macam peraturan yakni SK tata cara perizinan berikut pedoman kajian IPLC serta peraturan baku mutu air limbah.

 

Uniknya, peraturan atau dasar hukum tentang baku mutu air limbah juga menjelaskan kebijakan hukum perihal kegiatan pertambangan batu bara. Jika secara kebetulan perusahaan Anda merupakan perusahaan pertambangan batu bara maka bacalah kajian hukum tersebut secara seksama.

 

  • Peraturan Undang-Undang 1945

 

Kegiatan pengelolaan lingkungan hidup merupakan proses yang cukup kompleks dan membutuhkan banyak waktu. Pemerintah tidak mungkin melakukan kegiatan ini tanpa bantuan dari lapisan masyarakat. Masyarakat yang mendapatkan pembinaan dari pemerintah dapat berperan aktif dan maksimal dalam menjaga lingkungan hidup termasuk penerapan IPLC. Penerapan IPLC yang kurang sesuai baiknya mendapatkan sanksi tegas.

 

Perhatikan Hal ini Sebelum Urus IPLC

 

Ada banyak sekali hal yang wajib Anda ketahui selain peraturan IPLC baru atau lama. Seluruh informasi yang Anda miliki bisa menjadi pedoman penting ketika merencanakan untuk menerbitkan IPLC.  Selengkapnya mengenai IPLC bisa Anda simak berikut ini:

 

  • Biaya

 

Ingin mengajukan permohonan penerbitan IPLC tanpa mengetahui biayanya bukanlah perkara bijak. Yang perlu Anda ketahui tentang izin ini adalah tanpa biaya alias gratis. Anda bisa mengurus perizinan dengan mudah dan cekatan ke DPMPTSP.

 

Sementara itu, bagi perusahaan yang mengalami kesulitan bisa meminta bantuan dari jasa profesional. Bantuan profesional inilah yang membuat biaya pengurusan IPLC membengkak tapi itu setara dengan kemudahan dan kecepatan pengurusan izinnya.

 

  • Alamat Pengaduan Layanan

 

Anda yang ingin memberikan saran terkait pelayanan DPMPTSP bisa mengajukan pengaduan ke pejabat tersebut. Pengaduan yang Anda berikan bisa melalui website resmi, alamat email, fax maupun telepon. Sebelum melakukan pengaduan, saran kami lihat terlebih dahulu nama daerah atau kota DPMPTSP-nya guna menghindari kesalahan pengiriman pengaduan.

 

  • Lamanya Proses Penerbitan Izin

 

Berapa proses pengurusan IPLC. Konon lamanya penerbitan izin ini mencapai beberapa hari tepatnya 15 hari. Proses yang panjang tersebut terjadi karena banyaknya kegiatan yang perlu dilaksanakan termasuk uji lapangan dan verifikasi berkas.

 

  • Pejabat yang Menerbitkan Izin

 

Siapakah pejabat yang bertanggung jawab untuk menerbitkan IPLC sebagai pemohon Anda wajib mengetahuinya. Pejabat yang memiliki kewajiban dan hak untuk menerbitkan surat izin ini adalah DPMPTSP.

 

  • Sanksi Tak Terbitkan IPLC

 

Sebagai pelaku yang memiliki kewajiban untuk menerbitkan IPLC,  merupakan hal lumrah ketika Anda mengetahui macam-macam sanksi mangkir dari kewajiban tersebut. Sanksi paling berat adalah menerima sanksi hukum berupa denda atau hukuman pidana.

 

Pembahasan mengenai peraturan dan dasar hukum IPLC memang selalu menarik untuk kita salami. Sayangnya, sosialisasi IPLC belum tersebar merata hingga masih banyak perusahaan yang kesulitan membuat perizinannya. Sebagai pemilik perusahaan legal yang taat hukum, usahakan agar perusahaan Anda menaati peraturan IPLC dengan mengurus perizinannya.

 

 

Baca juga :  Apa Itu SLO

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +628-1112-80841 Eric Kurnia Abdillah M.Farm 

Email : info@konsultanku.net

Hubungi Kami